Multi Logistik Indonesia - Leading In Services



Saatnya Bisnis Logistik Melek Digital
02 Dec

Baca Juga: Bisnis Logistik Di Tengah Pandemi, Ini Pandangan CEO Multi Logistik

MAKASSAR–Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) siap membawa perusahaan forwarding dan logistik nasional menuju era digital untuk menghadapi persaingan global. Demikian disampaikan Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi di berbagai kesempatan.

Menurut Yukki, persaingan global ke depan akan dikuasai oleh segelintir perusahaan logistik raksasa dunia yang menguasai digital. Olehnya itu, para pengusaha logistik perlu menyiapkan langkah antisipasi.

Solusi untuk menghadapi persaingan global itu, menurut dia, selain menguasai teknologi digital juga harus bersatu atau berkolaborasi dengan membentuk konsorsium atau merger antar pelaku usaha logistik. Apabila tidak dimulai dari sekarang untuk menyusun kekuatan menghadapi persaingan itu, Yukki khawatir ke depan usaha logistik nasional terancam tutup dan dikuasai oleh pemain global.

illustrasi video

Hal itu juga diakui CEO Multi Logistik, Padaruddin. Karena itu, ia bersama tim mulai membangun sistem aplikasi terintegrasi yang memungkinkan pihaknya mengontrol seluruh aktivitas bisnis. Termasuk pelayanan kepada pelanggan. Ia mengakui, sistem digitalisasi cukup memudahkan pekerjaan.

“Kami bisa mengontrol semua hanya melalui smartphone, sangat memudahkan,” ujar Padaruddin.

Melalui aplikasi terintegrasi tersebut, lanjutnya, pelanggan juga dapat mengecek pelayanan perusahaan. Mereka dapat memastikan barang mereka sampai tepat waktu atau tidak dari aplikasi tersebut. Padaruddin menambahkan, kemudahan era digital juga membantu perusahaannya untuk berhemat ketika akan membuka layanan di luar kota.

“Kami mengandalkan aplikasi terintegrasi untuk tetap melayani pelanggan dimana saja mereka membutuhkan kami,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Ongkos Angkut Barang Mahal, Ini Saran Pengusaha Logistik
 

Comments are closed.