Multi Logistik Indonesia - Leading In Services



2020, Bisnis Logistik Masih Menjanjikan
04 Dec

Baca Juga: Pemerintah Optimalkan Jembatan Timbangn Awasi Truk Kelebihan Muatan

MAKASSAR–Ketua (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Sulawesi Selatan dan Sulselbar Syaifuddin Syahrudi memprediksi bisnis logistik tahun depan masih menjanjikan. Hal tersebut berdasarkan perbandingan 2018 dengan 2019, tren bisnis logistik terus meningkat.

Menurut pria yang akrab disapa Ipho ini, banyak faktor yang mendorong peningkatan bisnis logistik tahun depan. Antara lain, komitmen pemerintah yang ingin terus membangun dan membenahi infrastruktur pendukung logistik.

Tak hanya itu, Sulsel merupakan salah satu provinsi dengan tingkat perekonomian di atas nasional yakni 7,05 persen.

“Seiring kondisi ekonomi yang membaik, maka bisnis logistik juga akan lebih baik,” ucap Ipho.

Di samping itu, lanjut Ipho, dari sisi regulasi, bisnis logistik dimudahkan dengan adanya Langkah pemerintah menerapkan online single submission (OSS) atau perizinan terpadu darin. Regulasi tersebut akan merangsang masuknya para pemain baru di industri logistik ataupun angkutan barang.

“Dengan adanya sistem OSS maka pengurusan izin berusaha sangatlah mudah mengingat sebelumnya yang menjadi keluhan para pengusaha selama ini adalah lambannya waktu perizinan yang juga cukup berbelit,”tambahnya.

Kendati demikian, Ipho tak menampik jika hingga kini masih ada regulasi yang tumpang tindih sehingga berdampak potensi high cost logistik.

“Saga yakin pemerintah terus berupaya untuk bisa mengukur cost logistik bisa ditekan agar disparitas harga antar timur dan barat bisa lebih bagus lagi,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  PLB Jadi Angin Segar Bisnis Logistik
 

Comments are closed.