Multi Logistik Indonesia - Leading In Services



Pelindo IV Cabang Makassar Uji Coba Penertiban Parkir di Pelabuhan
06 Mar

Baca Juga: Ongkos Angkut Barang Mahal, Ini Saran Pengusaha Logistik

Makassar–Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar melakukan uji coba penertiban parkir kendaraan roda empat dan roda dua di area Pelabuhan Makassar.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Makassar Aris Tunru menuturkan, penertiban yang dilakukan pihaknya masih dalam tahap sosialisasi.

“Kami masih sosialisasi dan ini akan berlangsung selama satu minggu. Setelah itu kami akan melangkah ke tahap berikutnya lagi,” katanya.

Selama penertiban dan seterusnya lanjut dia, pihaknya tidak akan mengizinkan ada kendaraan yang parkir di sebelah kiri dan kanan badan jalan di area Pelabuhan Makassar.

Semua kendaraan roda empat dan roda dua yang biasa parkir di badan jalan akan dialihkan ke Container Yard (CY) atau lapangan penumpukan yang berada di sebelah Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.

Pihaknya memanfaatkan lahan yang ada seluas kurang lebih 5.000 meter persegi dari total lahan yang tersedia seluas 10.000 meter persegi.

“Penertiban ini merupakan hasil kesepakatan bersama dengan semua instansi yang ada di Pelabuhan Makassar, di antaranya Pelindo IV, Otoritas Pelabuhan, Syahbandar dan pihak Polsek Pelabuhan Makassar,” terangnya.

Menurut Aris, selama uji coba seminggu, pihaknya akan memantau apakah hal tersebut efektif atau tidak. Tujuannya supaya tidak terjadi lagi kemacetan di depan Car Terminal pada saat embarkasi (pemberangkatan dengan kapal laut) dan debarkasi (penurunan penumpang kapal laut).

Jika perubahan lokasi cek in juga ternyata efektif, pihaknya juga akan melakukan penertiban di area dermaga dan Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

Semua penataan dan penertiban yang dilakukan kata dia, bertujuan untuk melancarkan arus bongkar muat kendaraan yang melewati ruas jalan yang ada di area Pelabuhan Makassar. Sebab, jika banyak kendaraan yang parkir di sebelah kiri dan kanan badan jalan, sangat mengganggu operasional kelancaran kendaraan yang keluar masuk. Khususnya untuk truk-truk yang melakukan aktivitas bongkar muat.

Baca Juga :  Ignasius Jonan Sarankan Pebisnis Logistik Perkuat IT

“Diharapkan, dengan penataan dan penertiban yang dilakukan mulai Kamis (27 Februari 2020) ini, mudah-mudahan semua instansi terkait di Pelabuhan Makassar dan pengunjung baik debarkasi maupun embarkasi maupun pengantar dan penjemput, bisa tertib sesuai dengan rambu-rambu yang sudah disepakati,” tukasnya.

 

Comments are closed.